glitterfly.com

GlitterFly.com - Customize and Share your images

Rabu, 30 November 2011

Anime

Anime

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wikipe-tan
Anime (アニメ) (baca: a-ni-me, bukan a-nim) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang.
Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon".
Anime pertama yang mencapai kepopuleran yang luas Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Sekarang anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime zaman dulu. Dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. Masyarakat Jepang sangat antusias menonton anime dan membaca manga. Dari anak-anak sampai orang dewasa. Mereka menganggap, anime itu sebagai bagian dari kehidupan mereka, Hal ini yang membuat beberapa televisi kabel yang terkenal akan beberapa film kartunnya, seperti Cartoon Network dan Nickelodeon mengekspor kartunnya. Sekarang anime menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan bagi semua orang, dan banyak juga orang yang memanfaatkan hal ini untuk sebuah tindakan kejahatan. Pembuat anime itu sendiri disebut animator.Para Animator itu bekerja disebuah perusahaan media untuk memproduksi sebuah anime. Di dalam perusahaan itu, terdapat beberapa animator yang saling bekerja sama untuk menghasilkan sebuah anime yang berkualitas. Tapi sangat disayangkan, gaji dari para animator tersebut kecil jika dibandingkan dengan kerja keras mereka. Hal ini yang membuat para animator enggan untuk bekerja secara professional. Mereka merasa hal itu tidak sebanding dengan usaha yang telah mereka lakukan. Para animator itu sendiri sering disebut Seniman Bayangan. Karena mereka bekerja seperti seorang seniman yang berusaha mengedepankan unsur cerita dan unsur intrinsiknya.
Pembajakan juga mempersulit para animator untuk mendapatkan keuntungan penuh dari hasil kerja keras mereka, meski ternyata juga ada "gosip" yang mengatakan bahwa ada juga pihak produsen anime itu sendiri yang menyebarluaskan karya mereka di luar jalur perdagangan resmi (mungkin gratisan atau dibajak) dengan tujuan untuk lebih memopulerkan hasil karya mereka.
Tidak sedikit yang orang yang pergi ke Jepang untuk belajar mengenai pembuatan anime (dan manga tentunya) karena tertarik setelah melihat berbagai anime yang telah menyebar ke berbagai pelosok dunia di berbagai benua. Adapun pihak yang membuat hasil karya yang serupa atau bahkan mungkin meniru ciri anime, misalnya Korea dan beberapa negara Asia lainnya.
Teknologi CG (Computer Graphics) dan Teknologi Visual, Komputer dsb telah mempermudah pembuatan anime sekarang ini, karena itu ada yang menganggap bahwa kualitas artistiknya lebih rendah dibandingkan dengan anime masa lalu. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa kualitas gambarnya pun sekarang ini lebih nikmat dilihat dan lebih mudah dimengerti karena gambarnya lebih proporsional dan warnanya lebih bagus, ditambah keberadaan teknologi HD.

Kimono

Kimono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengantin wanita mengenakan kimono yang disebut shiromuku
Uchikake bermotif burung jenjang
Kimono (着物?) adalah pakaian tradisional Jepang. Arti harfiah kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang).
Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf "T", mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Panjang kimono dibuat hingga ke pergelangan kaki. Wanita mengenakan kimono berbentuk baju terusan, sementara pria mengenakan kimono berbentuk setelan. Kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Sabuk kain yang disebut obi dililitkan di bagian perut/pinggang, dan diikat di bagian punggung. Alas kaki sewaktu mengenakan kimono adalah zōri atau geta.
Kimono sekarang ini lebih sering dikenakan wanita pada kesempatan istimewa. Wanita yang belum menikah mengenakan sejenis kimono yang disebut furisode.[1] Ciri khas furisode adalah lengan yang lebarnya hampir menyentuh lantai. Perempuan yang genap berusia 20 tahun mengenakan furisode untuk menghadiri seijin shiki. Pria mengenakan kimono pada pesta pernikahan, upacara minum teh, dan acara formal lainnya. Ketika tampil di luar arena sumo, pesumo profesional diharuskan mengenakan kimono.[2] Anak-anak mengenakan kimono ketika menghadiri perayaan Shichi-Go-San. Selain itu, kimono dikenakan pekerja bidang industri jasa dan pariwisata, pelayan wanita rumah makan tradisional (ryōtei) dan pegawai penginapan tradisional (ryokan).
Pakaian pengantin wanita tradisional Jepang (hanayome ishō) terdiri dari furisode dan uchikake (mantel yang dikenakan di atas furisode). Furisode untuk pengantin wanita berbeda dari furisode untuk wanita muda yang belum menikah. Bahan untuk furisode pengantin diberi motif yang dipercaya mengundang keberuntungan, seperti gambar burung jenjang. Warna furisode pengantin juga lebih cerah dibandingkan furisode biasa. Shiromuku adalah sebutan untuk baju pengantin wanita tradisional berupa furisode berwarna putih bersih dengan motif tenunan yang juga berwarna putih.
Sebagai pembeda dari pakaian Barat (yōfuku) yang dikenal sejak zaman Meiji, orang Jepang menyebut pakaian tradisional Jepang sebagai wafuku (和服?, pakaian Jepang). Sebelum dikenalnya pakaian Barat, semua pakaian yang dipakai orang Jepang disebut kimono. Sebutan lain untuk kimono adalah gofuku (呉服?). Istilah gofuku mulanya dipakai untuk menyebut pakaian orang negara Dong Wu (bahasa Jepang : negara Go) yang tiba di Jepang dari daratan Cina.

Daftar isi

 [sembunyikan

[sunting] Kimono wanita

Kurotomesode dengan 5 buah lambang keluarga
Pemilihan jenis kimono yang tepat memerlukan pengetahuan mengenai simbolisme dan isyarat terselubung yang dikandung masing-masing jenis kimono. Tingkat formalitas kimono wanita ditentukan oleh pola tenunan dan warna, mulai dari kimono paling formal hingga kimono santai. Berdasarkan jenis kimono yang dipakai, kimono bisa menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri.
Tomesode adalah kimono paling formal untuk wanita yang sudah menikah. Bila berwarna hitam, kimono jenis ini disebut kurotomesode (arti harfiah: tomesode hitam). Kurotomesode memiliki lambang keluarga (kamon) di tiga tempat: 1 di punggung, 2 di dada bagian atas (kanan/kiri), dan 2 bagian belakang lengan (kanan/kiri). Ciri khas kurotomesode adalah motif indah pada suso (bagian bawah sekitar kaki) depan dan belakang. Kurotomesode dipakai untuk menghadiri resepsi pernikahan dan acara-acara yang sangat resmi.
Gadis mengenakan furisode
Tomesode yang dibuat dari kain berwarna disebut irotomesode (arti harfiah: tomesode berwarna). Bergantung kepada tingkat formalitas acara, pemakai bisa memilih jumlah lambang keluarga pada kain kimono, mulai dari satu, tiga, hingga lima buah untuk acara yang sangat formal. Kimono jenis ini dipakai oleh wanita dewasa yang sudah/belum menikah. Kimono jenis irotomesode dipakai untuk menghadiri acara yang tidak memperbolehkan tamu untuk datang memakai kurotomesode, misalnya resepsi di istana kaisar. Sama halnya seperti kurotomesode, ciri khas irotomesode adalah motif indah pada suso.
Furisode adalah kimono paling formal untuk wanita muda yang belum menikah. Bahan berwarna-warni cerah dengan motif mencolok di seluruh bagian kain. Ciri khas furisode adalah bagian lengan yang sangat lebar dan menjuntai ke bawah. Furisode dikenakan sewaktu menghadiri upacara seijin shiki, menghadiri resepsi pernikahan teman, upacara wisuda, atau hatsumode. Pakaian pengantin wanita yang disebut hanayome ishō termasuk salah satu jenis furisode.
Hōmon-gi (訪問着?, arti harfiah: baju untuk berkunjung) adalah kimono formal untuk wanita, sudah menikah atau belum menikah. Pemakainya bebas memilih untuk memakai bahan yang bergambar lambang keluarga atau tidak. Ciri khas homongi adalah motif di seluruh bagian kain, depan dan belakang. Homongi dipakai sewaktu menjadi tamu resepsi pernikahan, upacara minum teh, atau merayakan tahun baru.[3]
Iromuji adalah kimono semiformal, namun bisa dijadikan kimono formal bila iromuji tersebut memiliki lambang keluarga (kamon). Sesuai dengan tingkat formalitas kimono, lambang keluarga bisa terdapat 1, 3, atau 5 tempat (bagian punggung, bagian lengan, dan bagian dada). Iromoji dibuat dari bahan tidak bermotif dan bahan-bahan berwarna lembut, merah jambu, biru muda, atau kuning muda atau warna-warna lembut. Iromuji dengan lambang keluarga di 5 tempat dapat dikenakan untuk menghadiri pesta pernikahan. Bila menghadiri upacara minum teh, cukup dipakai iromuji dengan satu lambang keluarga.
Tsukesage adalah kimono semiformal untuk wanita yang sudah atau belum menikah. Menurut tingkatan formalitas, kedudukan tsukesage hanya setingkat dibawah homongi. Kimono jenis ini tidak memiliki lambang keluarga. Tsukesage dikenakan untuk menghadiri upacara minum teh yang tidak begitu resmi, pesta pernikahan, pesta resmi, atau merayakan tahun baru.[3]
Komon adalah kimono santai untuk wanita yang sudah atau belum menikah. Ciri khas kimono jenis ini adalah motif sederhana dan berukuran kecil-kecil yang berulang.[3] Komon dikenakan untuk menghadiri pesta reuni, makan malam, bertemu dengan teman-teman, atau menonton pertunjukan di gedung.
Tsumugi adalah kimono santai untuk dikenakan sehari-hari di rumah oleh wanita yang sudah atau belum menikah. Walaupun demikian, kimono jenis ini boleh dikenakan untuk keluar rumah seperti ketika berbelanja dan berjalan-jalan. Bahan yang dipakai adalah kain hasil tenunan sederhana dari benang katun atau benang sutra kelas rendah yang tebal dan kasar.[3] Kimono jenis ini tahan lama, dan dulunya dikenakan untuk bekerja di ladang.
Yukata adalah kimono santai yang dibuat dari kain katun tipis tanpa pelapis untuk kesempatan santai di musim panas.

[sunting] Kimono pria

Kimono pria dibuat dari bahan berwarna gelap seperti hijau tua, coklat tua, biru tua, dan hitam.
Bagian punggung montsuki dihiasi lambang keluarga pemakai. Setelan montsuki yang dikenakan bersama hakama dan haori merupakan busana pengantin pria tradisional. Setelan ini hanya dikenakan sewaktu menghadiri upacara sangat resmi, misalnya resepsi pemberian penghargaan dari kaisar/pemerintah atau seijin shiki.
  • Kimono santai kinagashi
Pria mengenakan kinagashi sebagai pakaian sehari-hari atau ketika keluar rumah pada kesempatan tidak resmi. Aktor kabuki mengenakannya ketika berlatih. Kimono jenis ini tidak dihiasi dengan lambang keluarga.

[sunting] Sejarah

[sunting] Zaman Jomon dan zaman Yayoi

Pakaian wanita pada sekitar tahun 1870
Kimono zaman Jomon dan zaman Yayoi berbentuk seperti baju terusan. Dari situs arkeologi tumpukan kulit kerang zaman Jomon ditemukan haniwa. Pakaian atas yang dikenakan haniwa disebut kantoi (貫頭衣?).
Dalam Gishiwajinden (buku sejarah Cina mengenai tiga negara) ditulis tentang pakaian sederhana untuk laki-laki. Sehelai kain diselempangkan secara horizontal pada tubuh pria seperti pakaian biksu, dan sehelai kain dililitkan di kepala. Pakaian wanita dinamakan kantoi. Di tengah sehelai kain dibuat lubang untuk memasukkan kepala. Tali digunakan sebagai pengikat di bagian pinggang.
Masih menurut Gishiwajinden, kaisar wanita bernama Himiko dari Yamataikoku (sebutan zaman dulu untuk Jepang) "selalu mengenakan pakaian kantoi berwarna putih". Serat rami merupakan bahan pakaian untuk rakyat biasa, sementara orang berpangkat mengenakan kain sutra.

[sunting] Zaman Kofun

Pakaian zaman Kofun mendapat pengaruh dari daratan Cina, dan terdiri dari dua potong pakaian: pakaian atas dan pakaian bawah. Haniwa mengenakan baju atas seperti mantel yang dipakai menutupi kantoi. Pakaian bagian bawah berupa rok yang dililitkan di pinggang. Dari penemuan haniwa terlihat pakaian berupa celana berpipa lebar seperti hakama.
Pada zaman Kofun mulai dikenal pakaian yang dijahit. Bagian depan kantoi dibuat terbuka dan lengan baju bagian bawah mulai dijahit agar mudah dipakai. Selanjutnya, baju atas terdiri dari dua jenis kerah:
  • Kerah datar sampai persis di bawah leher (agekubi)
  • Kerah berbentuk huruf "V" (tarekubi) yang dipertemukan di bagian dada.

[sunting] Zaman Nara

Aristokrat zaman Asuka bernama Pangeran Shotoku menetapkan dua belas strata jabatan dalam istana kaisar (kan-i jūnikai). Pejabat istana dibedakan menurut warna hiasan penutup kepala (kanmuri). Dalam kitab hukum Taiho Ritsuryo dimuat peraturan tentang busana resmi, busana pegawai istana, dan pakaian seragam dalam istana. Pakaian formal yang dikenakan pejabat sipil (bunkan) dijahit di bagian bawah ketiak. Pejabat militer mengenakan pakaian formal yang tidak dijahit di bagian bawah ketiak agar pemakainya bebas bergerak. Busana dan aksesori zaman Nara banyak dipengaruhi budaya Cina yang masuk ke Jepang. Pengaruh budaya Dinasti Tang ikut memopulerkan baju berlengan sempit yang disebut kosode untuk dikenakan sebagai pakaian dalam.
Pada zaman Nara terjadi perubahan dalam cara mengenakan kimono. Kalau sebelumnya kerah bagian kiri harus berada di bawah kerah bagian kanan, sejak zaman Nara, kerah bagian kanan harus berada di bawah kerah bagian kiri. Cara mengenakan kimono dari zaman Nara terus dipertahankan hingga kini. Hanya orang meninggal dipakaikan kimono dengan kerah kiri berada di bawah kerah kanan.

[sunting] Zaman Heian

Menurut aristokrat Sugawara Michizane, penghentian pengiriman utusan Jepang untuk Dinasti Tang (kentoshi) memicu pertumbuhan budaya lokal. Tata cara berbusana dan standarisasi protokol untuk upacara-upacara formal mulai ditetapkan secara resmi. Ketetapan tersebut berakibat semakin rumitnya tata busana zaman Heian. Wanita zaman Heian mengenakan pakaian berlapis-lapis yang disebut jūnihitoe. Tidak hanya wanita zaman Heian, pakaian formal untuk militer juga menjadi tidak praktis.
Ada tiga jenis pakaian untuk pejabat pria pada zaman Heian:
  • Sokutai (pakaian upacara resmi berupa setelan lengkap)
  • I-kan (pakaian untuk tugas resmi sehari-hari yang sedikit lebih ringan dari sokutai)
  • Noshi (pakaian untuk kesempatan pribadi yang terlihat mirip dengan i-kan).
Rakyat biasa mengenakan pakaian yang disebut suikan atau kariginu (狩衣?, arti harafiah: baju berburu). Di kemudian hari, kalangan aristokrat menjadikan kariginu sebagai pakaian sehari-hari sebelum diikuti kalangan samurai.
Pada zaman Heian terjadi pengambilalihan kekuasaan oleh kalangan samurai, dan bangsawan istana dijauhkan dari dunia politik. Pakaian yang dulunya merupakan simbol status bangsawan istana dijadikan simbol status kalangan samurai.

[sunting] Zaman Kamakura dan zaman Muromachi

Pada zaman Sengoku, kekuasaan pemerintahan berada di tangan samurai. Samurai mengenakan pakaian yang disebut suikan. Pakaian jenis ini nantinya berubah menjadi pakaian yang disebut hitatare. Pada zaman Muromachi, hitatare merupakan pakaian resmi samurai. Pada zaman Muromachi dikenal kimono yang disebut suō (素襖?), yakni sejenis hitatare yang tidak menggunakan kain pelapis dalam. Ciri khas suō adalah lambang keluarga dalam ukuran besar di delapan tempat.
Pakaian wanita juga makin sederhana. Rok bawah yang disebut mo (?) makin pendek sebelum diganti dengan hakama. Setelan mo dan hakama akhirnya hilang sebelum diganti dengan kimono model terusan, dan kemudian kimono wanita yang disebut kosode. Wanita mengenakan kosode dengan kain yang dililitkan di sekitar pinggang (koshimaki) dan/atau yumaki. Mantel panjang yang disebut uchikake dipakai setelah memakai kosode.

[sunting] Awal zaman Edo

Penyederhaan pakaian samurai berlanjut hingga zaman Edo. Pakaian samurai zaman Edo adalah setelan berpundak lebar yang disebut kamishimo (?). Satu setel kamishimo terdiri dari kataginu (肩衣?) dan hakama. Di kalangan wanita, kosode menjadi semakin populer sebagai simbol budaya orang kota yang mengikuti tren busana.
Zaman Edo adalah zaman keemasan panggung sandiwara kabuki. Penemuan cara penggandaan lukisan berwarna-warni yang disebut nishiki-e atau ukiyo-e mendorong makin banyaknya lukisan pemeran kabuki yang mengenakan kimono mahal dan gemerlap. Pakaian orang kota pun cenderung makin mewah karena iking meniru pakaian aktor kabuki.
Kecenderungan orang kota berpakaian semakin bagus dan jauh dari norma konfusianisme ingin dibatasi oleh Keshogunan Edo. Secara bertahap pemerintah keshogunan memaksakan kenyaku-rei, yakni norma kehidupan sederhana yang pantas. Pemaksaan tersebut gagal karena keinginan rakyat untuk berpakaian bagus tidak bisa dibendung. Tradisi upacara minum teh menjadi sebab kegagalan kenyaku-rei. Orang menghadiri upacara minum teh memakai kimono yang terlihat sederhana namun ternyata berharga mahal.
Tali pinggang kumihimo dan gaya mengikat obi di punggung mulai dikenal sejak zaman Edo. Hingga kini, keduanya bertahan sebagai aksesori sewaktu mengenakan kimono.

[sunting] Akhir zaman Edo

Politik isolasi (sakoku) membuat terhentinya impor benang sutra. Kimono mulai dibuat dari benang sutra produksi dalam negeri. Pakaian rakyat dibuat dari kain sutra jenis crape lebih murah. Setelah terjadi kelaparan zaman Temmei (1783-1788), Keshogunan Edo pada tahun 1785 melarang rakyat untuk mengenakan kimono dari sutra. Pakaian orang kota dibuat dari kain katun atau kain rami. Kimono berlengan lebar yang merupakan bentuk awal dari furisode populer di kalangan wanita.

[sunting] Zaman Meiji dan zaman Taisho

Industri berkembang maju pada zaman Meiji. Produksi sutra meningkat, dan Jepang menjadi eksportir sutra terbesar. Harga kain sutra tidak lagi mahal, dan mulai dikenal berjenis-jenis kain sutra. Peraturan pemakaian benang sutra dinyatakan tidak berlaku. Kimono untuk wanita mulai dibuat dari berbagai macam jenis kain sutra. Industri pemintalan sutra didirikan di berbagai tempat di Jepang. Sejalan dengan pesatnya perkembangan industri pemintalan, industri tekstil benang sutra ikut berkembang. Produknya berupa berbagai kain sutra, mulai dari kain krep, rinzu, omeshi, hingga meisen.
Tersedianya beraneka jenis kain yang dapat diproses menyebabkan berkembangnya teknik pencelupan kain. Pada zaman Meiji mulai dikenal teknik yuzen, yakni menggambar dengan kuas untuk menghasilkan corak kain di atas kain kimono.
Sementara itu, wanita kalangan atas masih menggemari kain sutra yang bermotif garis-garis dan susunan gambar yang sangat rumit dan halus. Mereka mengenakan kimono dari model kain yang sudah populer sejak zaman Edo sebagai pakaian terbaik sewaktu menghadiri acara istimewa. Hampir pada waktu yang bersamaan, kain sutra hasil tenunan benang berwarna-warni hasil pencelupan mulai disukai orang.
Tidak lama setelah pakaian impor dari Barat mulai masuk ke Jepang, penjahit lokal mulai bisa membuat pakaian Barat. Sejak itu pula, istilah wafuku dipakai untuk membedakan pakaian yang selama ini dipakai orang Jepang dengan pakaian dari Barat. Ketika pakaian Barat mulai dikenal di Jepang, kalangan atas memakai pakaian Barat yang dipinjam dari toko persewaan pakaian Barat.
Di era modernisasi Meiji, bangsawan istana mengganti kimono dengan pakaian Barat supaya tidak dianggap kuno. Walaupun demikian, orang kota yang ingin melestarikan tradisi estetika keindahan tradisional tidak menjadi terpengaruh. Orang kota tetap berusaha mempertahankan kimono dan tradisi yang dipelihara sejak zaman Edo. Sebagian besar pria zaman Meiji masih memakai kimono untuk pakaian sehari-hari. Setelan jas sebagai busana formal pria juga mulai populer. Sebagian besar wanita zaman Meiji masih mengenakan kimono, kecuali wanita bangsawan dan guru wanita yang bertugas mengajar anak-anak perempuan.
Seragam militer dikenakan oleh laki-laki yang mengikuti dinas militer. Seragam tentara angkatan darat menjadi model untuk seragam sekolah anak laki-laki. Seragam anak sekolah juga menggunakan model kerah berdiri yang mengelilingi leher dan tidak jatuh ke pundak (stand-up collar) persis model kerah seragam tentara. Pada akhir zaman Taisho, pemerintah menjalankan kebijakan mobilisasi. Seragam anak sekolah perempuan diganti dari andonbakama (kimono dan hakama) menjadi pakaian Barat yang disebut serafuku (sailor fuku), yakni setelan blus mirip pakaian pelaut dan rok.

[sunting] Zaman Showa

Semasa perang, pemerintah membagikan pakaian seragam untuk penduduk laki-laki. Pakaian seragam untuk laki-laki disebut kokumin fuku (seragam rakyat). Wanita dipaksa memakai monpei yang berbentuk seperti celana panjang untuk kerja dengan karet di bagian pergelangan kaki.
Setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II, wanita Jepang mulai kembali mengenakan kimono sebelum akhirnya ditinggalkan karena tuntutan modernisasi. Dibandingan kerumitan memakai kimono, pakaian Barat dianggap lebih praktis sebagai pakaian sehari-hari.
Hingga pertengahan tahun 1960-an, kimono masih banyak dipakai wanita Jepang sebagai pakaian sehari-hari. Pada saat itu, kepopuleran kimono terangkat kembali setelah diperkenalkannya kimono berwarna-warni dari bahan wol. Wanita zaman itu menyukai kimono dari wol sebagai pakaian untuk kesempatan santai.
Setelah kimono tidak lagi populer, pedagang kimono mencoba berbagai macam strategi untuk meningkatkan angka penjualan kimono. Salah satu di antaranya dengan mengeluarkan "peraturan mengenakan kimono" yang disebut yakusoku. Menurut peraturan tersebut, kimono jenis tertentu dikatakan hanya cocok dengan aksesori tertentu. Maksudnya untuk mendikte pembeli agar membeli sebanyak mungkin barang. Strategi tersebut ternyata tidak disukai konsumen, dan minat masyarakat terhadap kimono makin menurun. Walaupun pedagang kimono melakukan promosi besar-besaran, opini "memakai kimono itu ruwet" sudah terbentuk di tengah masyarakat Jepang.
Hingga tahun 1960-an, kimono masih dipakai pria sebagai pakaian santai di rumah. Gambar pria yang mengenakan kimono di rumah masih bisa dilihat dalam berbagai manga terbitan tahun 1970-an. Namun sekarang ini, kimono tidak dikenakan pria sebagai pakaian di rumah, kecuali samue yang dikenakan para perajin.

[sunting] Bisnis kimono

Bahan kain kimono adalah hasil dari kesenian tenun tradisional Jepang yang bernilai seni. Kimono untuk kesempatan formal hanya dibuat dari kain sutra kelas terbaik dan hanya dijahit dengan tangan (tidak memakai mesin jahit). Oleh karena itu, harga kimono sering menjadi sangat mahal. Kimono umumnya tidak pernah dijual dalam keadaan jadi, melainkan harus dipesan dan dijahit sesuai dengan ukuran badan pemakai.
Sewaktu membeli kain, tinggi badan pemakai tidak diperhitungkan. Bahan kimono dibeli dalam satu gulungan kain yang ditenun dengan sempurna tanpa cacat. Membeli kimono dimulai dengan pemilihan bahan kain kimono yang disebut tanmono (反物?, arti harfiah: gulungan kain dengan panjang 1 tan, atau sekitar 10,6 m). Bila kebetulan pemakai kimono bertubuh pendek dan ramping, setelah kimono selesai dijahit akan banyak bahan kimono yang tersisa. Sisa bahan kimono bisa dimanfaatkan untuk membuat aksesori pelengkap kimono, seperti tas, dompet, atau sandal.
Kain kimono dapat dibeli dengan harga lebih murah pada kesempatan obral bahan kelas dua yang disebut B-tan ichi (B反市?, arti harfiah: pasar kain kelas B) untuk membedakannya dari bahan kimono kelas A yang ditenun sempurna tanpa cacat. Walaupun bahan kain yang dibeli memiliki sedikit cacat, penjahit kimono yang berpengalaman dapat menyembunyikan bagian tenunan yang rusak. Setelah jadi, kimono dari pasar kain kelas B mungkin akan terlihat sama dengan kimono dari bahan sempurna.
Kimono yang dijahit dari bahan berkualitas tinggi merupakan benda warisan keluarga. Kimono bekas pakai masih mempunyai nilai jual tinggi, terutama karena ukuran kimono dapat disesuaikan dengan ukuran badan pemilik yang baru. Di Jepang bisa dijumpai toko-toko yang menjual kimono bekas pakai. Semasa Perang Dunia II, kimono pernah digunakan sebagai alat pembayaran sewaktu penduduk kota kekurangan pangan. Uangnya dipakai untuk membeli beras, telur, dan bumbu dapur seperti miso, dan gula.

[sunting] Aksesori dan pelengkap

Hakama adalah celana panjang pria yang dibuat dari bahan berwarna gelap. Celana jenis ini berasal dari daratan Cina dan mulai dikenal sejak zaman Asuka. Selain dikenakan pendeta Shinto, hakama dikenakan pria dan wanita di bidang olahraga bela diri tradisional seperti kendo atau kyudo.
Geta adalah sandal berhak dari kayu. Maiko memakai geta berhak tinggi dan tebal yang disebut pokkuri
Kanzashi adalah hiasan rambut seperti tusuk konde yang disisipkan ke rambut sewaktu memakai kimono.
Obi adalah sabuk dari kain yang dililitkan ke tubuh pemakai sewaktu mengencangkan kimono
Tabi adalah kaus kaki sepanjang betis yang dipakai sewaktu memakai sandal.
Waraji adalah sandal dari anyaman tali jerami.
Zōri adalah sandal tradisional yang dibuat dari kain atau anyaman.

fate episode 5

Fate/Zero Episode 5 – Finishing is for Losers

October 29, 2011

My God, doesn’t anyone let anybody finish anything anymore?  Surely these ancient kings were raised with enough etiquette to know that you don’t interrupt someone when they’re in the middle of something.  First, Rider crashes down in the middle of everything, and interrupts Saber and Lancer’s battle, just so he can ask them to help him conquer the world.  Then, after they decline, Rider decides that this place could use some more people who don’t need to be there and pretty much says, “You’re a pussy if you don’t come here” to all the servants.  Well, Archer is not one to be called a pussy, so he decides to show up and explain how amazing and perfect he is, while everyone else is completely unimportant.

After Archer finishes his speech about how cool he is, more people who don’t need to be there show up.  Finally, the show recognizes that Kariya is in fact alive, and his servant Berserker shows up to prove how much of a BAMF he is, and that he is.  After he completely owns the shit out of Archer, Tokiomi, Archer’s master, interrupter even more stuff, by having him retreat, thereby leaving another battle unfinished.  Then, Berserker gets in the middle of Saber and Lancer’s fight by bum rushing Saber with a giant metal pipe.  After that, Lancer stops there fight, wanting to kill Berserker so he can honorably finish his duel with Saber.  But Lancer’s master screws stuff up even more, and makes Lancer fight along with Berserker to kill Saber by using one of his three command seals.  BUT THEN, Rider plows over Berserker and stops the fight between Saber, Lancer, and Berserker.  Then, Lancer decides to retreat, and Saber feels the need to taunt us even further by saying stuff like “This is just the begging of the War”.  Bitch.  So let’s look at this:
  1. Saber vs. Lancer – ended by Rider
  2. Archer vs. Berserker – ended by Tokiomi
  3. Berserker vs. Saber – ended by Lancer
  4. Lancer & Berserker vs. Saber – ended by Rider
  5. Saber vs. Lancer – ended by Lancer
Come on, have some courtesy people, let the guys finish what they started.

“That was close… I almost let something happen.”
God damn, what a teaser of an episode.  Cool battles were continuously stopped, and not much happened in the development of the story, other than that Kariya still exists, and Caster wants to mount Saber.  Speaking of which, that was a weird scene, and whoever voices Caster is a crazy motherfucker, or at least his voice sounds like it.   But, I’m going to go ahead and make the assumption that not many battles will be completed before the shows hiatus after episode 13, in fact, I’ll go so far as to say that the only time any servant will actually be killed, if at all, will be the climax of episode 13.  And once again, almost nothing is shown about Kariya and Ryuunosuke and their servants, other than that they’re still around and are still aware the war exists.  Almost no plot development, and a bunch a fights that were prematurely ended just so the show can tease us to watch more.  Well… you got me

Jumat, 18 November 2011

BLEACH

Bleach (manga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bleach (manga)
Bleach cover 01.jpg
Sampul manga Bleach jilid pertama (versi bahasa Jepang)
Genre Aksi, Shōnen, Supernatural
Manga
Pengarang Tite Kubo
Penerbit Bendera Jepang Shueisha
Demografi Shōnen
Anime
Sutradara Noriyuki Abecede
Studio Studio Pierrot
Jaringan Bendera Jepang TV Tokyo
Ditayangkan 5 Oktober 2004(masih berlanjut)
Jumlah episode 180 (16 Juli 2008)
Portal Anime dan Manga
Bleach (ブリーチ, Burīchi?, diromanisasikan sebagai BLEACH di Jepang) adalah serial manga yang dikarang oleh Tite Kubo (久保 帯人 Kubo Taito), mangaka dari Zombie Powder. Serial Bleach mulai diterbitkan sejak tahun 2001, dan semenjak penerbitannya, serial ini sudah diadaptasi menjadi sebuah serial anime, dua buah OVA (Original Video Animation), empat film layar lebar, dua musikal rock, dan beberapa judul permainan video. Kompilasi manga (Tankōbon) Bleach sudah terjual sebanyak 39 juta kopi di Jepang. Manga ini diserialkan dalam mingguan Shonen Jump.
Bleach bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat roh, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut hollow. Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai.
Mereka berdua bertualang mencari dan melawan para hollow dan melaksanakan ritual konsou untuk para arwah gentayangan. Dengan ritual ini, para arwah gentayangan menerima pembersihan dan mereka dapat dikirim ke Soul Society (Masyarakat Roh). Bagian awal dari cerita ini difokuskan kepada karakter-karakter dan masa lalu mereka, dan bukan terfokus pada dunia pekerjaan shinigami. Seiring jalannya cerita, hal-hal seperti kehidupan shinigami di Soul Society mulai terungkap sedikit demi sedikit.

Daftar isi

 [sembunyikan

[sunting] Informasi Media

Lihat Juga: Daftar Bab dalam Manga Bleach, Daftar Episode Bleach, Daftar Video Game Bleach, Bleach (musikal).
Manga Bleach pertama kali diterbitkan bulan Agustus 2001 dalam mingguan Shonen Jump terbitan Shueisha. Sampai tanggal 26 Mei 2007, sebanyak 276 bab sudah diterbitkan (rata-rata sekitar satu bab per minggu). Manga ini juga sudah dikompilasi ke dalam 27 volume tankōbon, juga diterbitkan Shueisha. Jilid pertama dari manga ini terjual lebih dari 1,25 juta kopi di Jepang. Pada tahun 2005, Bleach mendapatkan penghargaan Shogakukan Manga Award dalam kategori manga shōnen.
Serial anime Bleach ditayangkan setiap hari Rabu di stasiun televisi TV Tokyo dan juga stasiun-stasiun yang terafiliasi. Serial ini diproduseri oleh TV Tokyo, Dentsu, dan Studio Pierrot, dan disutradarai oleh Noriyuki Abe. Desainer karakternya adalah Masashi Kudō, dan komposer musiknya adalah Shiro Sagisu. Episode pertama Bleach ditayangkan pada tanggal 5 Oktober 2004. 63 episode pertama diadaptasi langsung dari manga-nya, sedangkan 46 episode berikutnya adalah produksi orisinal untuk anime-nya saja. Mulai dari episode 110, jalan cerita dalam serial anime-nya kembali ke jalan cerita dalam manga, walaupun ditambah dengan elemen-elemen dalam ke-46 episode sebelumnya. Sampai sekarang, belum ada rencana untuk mengakhiri produksi serial ini. Selain itu, dua buah OVA telah diproduksi, dan juga tiga buah film layar lebar yang berjudul Bleach: Memories of Nobody , Bleach:The Diamond Dust Rebellion yang mulai dirilis di Jepang pada tanggal 16 Desember 2007 , dan BLEACH: Fade to Black - Kimi no na wo yobu yang baru saja ditayangkan 13 Desember 2008 yang lalu. Menurut jajak pendapat online yang diselenggarakan TV Asahi pada tahun 2006, Bleach menempati peringkat ke-7 anime terfavorit di Jepang.
Di Amerika Serikat, manga Bleach diterbitkan oleh Viz Media, dan serial anime-nya ditayangkan di Cartoon Network. Sedangkan di Indonesia sendiri, manga-nya diterbitkan oleh m&c comics mulai bulan Oktober 2007.

[sunting] Jalan cerita

[sunting] Musim pertama: Agent of The Shinigami

Cerita ini dimulai dengan kehidupan seorang siswa SMA bernama Ichigo Kurosaki di Kota Karakura yang bisa melihat roh. Pada awalnya Ichigo hanya dapat melihat roh biasa dari orang yang sudah meninggal, namun hal itu berubah ketika suatu hari dia bertemu dengan seorang wanita berpakaian kimono hitam di kamarnya. Wanita tersebut merupakan shinigami yang bernama Rukia Kuchiki. Kedatangannya disebabkan oleh kekuatan spiritual seekor hollow, sebuah roh yang jahat. hollow yang dimaksud tiba-tiba datang dan menyerang keluarga Ichigo karena merasakan kekuatan spiritual Ichigo yang besar. Ichigo kemudian terlibat dalam perkelahian dengan hollow yang telah melukai keluarganya, walaupun Rukia yang seharusnya melawan hollow tersebut sudah melarang Ichigo sebelumnya. Karena ketidakmampuan Ichigo untuk mengalahkan hollow tersebut, akibatnya Rukia terluka parah ketika mencoba menolong Ichigo. Untuk mengalahkan hollow itu hanya ada satu cara; yaitu dengan meminjamkan sebagian kekuatan shinigami milik Rukia ke Ichigo. Sayangnya dalam proses tersebut terjadi ketidaksengajaan, Ichigo mengambil semua kekuatan spiritual Rukia dan membuatnya kehilangan kekuatan shinigami. Akibatnya, Ichigo kemudian menjelma sebagai shinigami dan mengalahkan hollow tersebut.
Hari berikutnya, Rukia muncul di kelas Ichigo sebagai murid pindahan. Apalagi, kali ini Rukia terlihat seperti manusia biasa dan bisa dilihat oleh teman sekelasnya. Rukia memberitahu Ichigo bahwa kekuatan yang ajaib pada roh Ichigo-lah yang membuatnya mampu menyerap seluruh kekuatannya, dan membuatnya harus berpidah ke dalam gigai, tubuh manusia tiruan. Sementara menunggu kekuatan shinigami-nya pulih kembali, Rukia kemudian memutuskan untuk tinggal sementara di dunia manusia. Ichigo harus menggantikan pekerjaannya menjaga kota Karakura, melawan hollow, dan membawa roh yang gentayangan di dunia manusia menuju Soul Society.

[sunting] Musim kedua: The Soul Society

Setelah sekitar dua bulan, akhirnya dua pengejar dari Soul Society datang ke dunia manusia untuk membawa kembali Rukia, yang akan dieksekusi. Karena Rukia telah memberikan kekuatan shinigami-nya yang merupakan kejahatan kelas satu dan juga karena ia terlalu lama tinggal di dunia manusia.
Kedua pengejar adalah Renji Abarai (teman masa kecil Rukia) dan Byakuya Kuchiki, yang tak lain adalah kakak Rukia. Ishida yang pada saat itu keluar tidak sengaja melihat Rukia sedang dikejar oleh Byakuya dan Renji, ia berusaha menolong Rukia akan tetapi oleh Byakuya dikalahkan dalam sekejap dan tak lama setelah itu Ichigo datang untuk menolong Rukia dan saat Ichigo hampir berhasil mengalahkan Renji, pedang Ichigo patah dan akhirnya Byakuya menghabisi Ichigo dan menghilangkan kekuatan shinigami-nya dan Rukia pun meninggalkan Ichigo di tengah hujan.
Ichigo yang tersadar akhirnya memutuskan untuk berlatih mengembalikan kekuatannya bersama Urahara di tempat rahasia di dalam toko. Inoue, Chad, dan Ishida pun juga ikut berlatih bersama Yoruichi. Urahara mengatakan bahwa cara yang tercepat untuk menjadi seorang shinigami adalah dengan menyeberang dari hollow. Dan akhirnya Ichigo pun menjadi seorang shinigami dengan kekuatannya sendiri meski ada hollow di dalam rohnya.
Tak lama setelah itu akhirnya mereka berangkat menuju Soul Society. Masuk ke dalam Soul Society bukanlah suatu hal yang mudah, karena ada penjaga dan kubah yang melindunginya. Dengan bantuan Ganju dan kakak perempuannya, Kukaku Shiba, mereka dapat masuk. Ganju pun membantu mereka di dalam. Di Soul Society mereka harus berhadapan dengan kekuatan 13 pasukan divisi shinigami. Bahkan harus berhadapan dengan wakil kapten maupun kapten yang kekuatannya di luar dugaan. Bahkan saat menghadapi Kenpachi Zaraki, Ichigo terluka parah dan pedangnya pun patah. Namun akhirnya Ichigo berhasil bertemu Rukia di menara putih walau hanya sesaat. Pada saat Ichigo bertemu Rukia, Byakuya pun datang dan melawan Ichigo, pada saat itu Yoruichi datang dan membawa Ichigo pergi untuk dilatih bankai oleh Yoruichi.
Ichigo berlatih bankai di bawah tanah bukit Sokyoku dengan bantuan Tenshintai, alat temuan Urahara yang bisa mematerisasikan zanpakuto penggunanya sehingga dapat mencapai bankai hanya dalam waktu 3 hari (seharusnya puluhan tahun). Di tengah latihan, tiba-tiba Renji Abarai datang untuk berlatih bankai dengan zanpakutonya yang sudah termaterisasikan berkat latihan yang dilalui Renji selama beberapa dekade. Renji pun berhasil mencapai bankai sebelum Ichigo dan kemudian melawan Byakuya. Awalnya Renji hampir mengalahkan Byakuya, namun keadaan berbalik sejak Byakuya menggunakan Kido dan mengeluarkan bankainya.
Di pihak lain ternyata ada konfrontasi antara Sosuke Aizen, Gin Ichimaru, dan Kaname Tousen. Masing-masing adalah kapten divisi 5, 3, dan 9. Aizen yang sebelumnya menghipnotis semua orang yang ada di Soul Society dengan menggunakan kekuatan zanpakuto miliknya, berpura-pura telah dibunuh agar semua orang mengira dia mati. Saat itu dia merencanakan untuk mendapatkan Hougyoku (bola arwah yang mempunyai kekuatan luar biasa, yang ditanam Urahara di tubuh Rukia. Toshiro Hitsugaya (kapten divisi 10) yang mengetahui hal ini sempat bertanding dengan Aizen yang sebelumnya telah menusuk wakilnya sendiri (Momo Hinamori).
Setelah Ichigo berhasil berlatih bankai, dia kembali ke tempat eksekusi. Dalam penyelamatan Rukia ini, ternyata kapten divisi 8 (Kyoraku Shunsui) dan kapten divisi 13 (Ukitake Jushiro) membantu Ichigo. Bahkan mereka berhadapan dengan guru mereka sendiri yaitu komandan seluruh kapten (Kapten Divisi 1), Genryusai Yamamoto. Renji Abarai yang sebelumnya berhadapan dengan Byakuya, membawa kabur Rukia. Tak hanya itu, Kenpachi Zaraki yang semula melawan Ichigo pun membantu membebaskan Rukia dan berhadapan dengan Kaname Tousen dan Sajin Komamura (Kapten Divisi 7), mereka berdua mengeluarkan bankai, tapi Kenpachi tidak kalah. Ichigo yang berhadapan dengan Byakuya, dan Byakuya terkejut bahwa Ichigo mempunyai bankai.
Renji Abarai yang membawa Rukia akhirnya dihadang oleh Sosuke Aizen, Gin Ichimaru, dan Kaname Tousen. Dengan kekuatan Tousen membawa mereka kembali ke tempat eksekusi,dan ternyata Urahara menyembunyikan hougyoku di dalam gigai milik rukia. Tapi semua akhirnya tahu bahwa musuh mereka yang sebenarnya adalah Aizen, Tousen, dan Ichimaru. Di sinilah akhirnya Ichigo dan kapten yang lain berusaha mati-matian mencegah Aizen mendapatkan Hougyoku. Tapi Aizen tetap mendapatkannya. Aizen, Ichimaru, dan Tousen pun akhirnya pergi di hadapan mereka semua dan berkata akan menghancurkan Soul Society dan menguasai dunia.

[sunting] Musim ketiga : The Hueco Mundo

Aizen yang telah mendapatkan Hougyoku membangun kekuatan untuk mewujudkan cita-citanya. Bersama Tosen dan Ichimaru serta para Arrancar (evolusi tertinggi dari hollow yang mempunyai zanpakuto seperti shinigami) mereka berada di dunia para hollow (Hueco Mundo). Sedangkan para Arrancar sendiri ada yang disebut Espada, Arrancar yang mempunyai nomor yang diberikan Aizen, mempunyai kekuatan yang hebat berdasarkan urutan nomor mereka. Kedatangan Arrancar yang pertama, Ulquiora Cifer (nomor 4) dan Yammy Riyalgo (nomor 10) yang menyerang manusia-manusia termasuk Tatsuki (teman Ichigo) membuat Chad dan Orihime hampir dibunuh oleh Yammy. Untung Ichigo datang tepat waktu. Walaupun kalah (karena gangguan hollow yang ada di tubuh Ichigo), Urahara dan Yoruichi datang menyelamatkan Ichigo. Ini membuat Soul Society mengirim Hitsugaya, Matsumoto (wakil Hitsugaya), Renji, Yumichika, dan Ikkaku. Yamichika dan Ikkaku adalah orang di posisi 3 dan 5 di bawah Kenpachi, harus berjaga-jaga di dunia manusia.
Serangan tak hanya itu saja, Grimmjow (nomor 6) beserta Fraccionnya menyerang. Kali ini yang harus berhadapan adalah Hitsugaya, Matsumoto, Renji, Yumichika, dan Ikkaku. Bahkan Ikkaku harus mengeluarkan bankai yang tidak ia pernah keluarkan sebelumnya. Untung saja izin mengeluarkan batas maksimal dari Soul Society dikabulkan sehingga yang semula Hitsugaya, Matsumoto, dan Renji mempunyai kekuatan yang terbatas saat datang ke Dunia Nyata dapat melawan Arrancar dengan kekuatan penuh. Ichigo sendiri mati-matian berhadapan dengan Grimmjow, Ichigo terluka parah sedangkan Grimmjow terluka bakar karena serangan jurus bankai dari Ichigo, Getsuga Tensho. Di tengah pertarungan antara Ichigo dan Grimmjow, Tosen datang dan membawa pulang Grimmjow ke Hueco Mundo.
Ichigo sempat bertemu dengan Hirako, seorang Visored (sekelompok shinigami yang telah mendapatkan kekuatan hollow), memutuskan untuk berlatih dengan para Visored bagaimana cara mengendalikan hollow yang ada di dalam rohnya. Ishida pun yang kehilangan kekuatannya berlatih dengan ayahnya. Chad berlatih dengan Renji, dan Orihime dengan Rukia. Di saat latihan mereka, Aizen berencana membawa Orihime ke Hueco Mundo setelah melihat kekuatannya yang luar biasa, dan mempersiapkan penyerangan dengan mengirim Luppi Antenor-Espada pengganti Grimmjow-dan Wonderweiss Margera-Arrancar yang baru saja "dibuat" Aizen.
Akhirnya Grimmjow, Yammy dan dua Arrancar baru tersebut menyerang kembali. Grimmjow tetap melawan Ichigo, dan yang lain tetap melawan Hitsugaya, Matsumoto, Yumichika, dan Ikkaku. Saat bertarung, Ichigo mencoba kekuatan topeng hollow-nya yang luar biasa, tetapi karena waktu penggunaannya masih terbatas, dia kalah. Saat pihak Ichigo mulai terdesak, Ulquiora mengacam Orihime untuk ke Hueco Mundo. Orihime terpaksa pergi ke Hueco Mundo sehari sesudahnya karena dia telah mengenakan gelang Arrancar. Di saat itu Rukia dan Hirako datang membantu Ichigo, Urahara membantu Hitsugaya.
Ichigo berusaha datang ke Hueco Mundo sendiri karena Soul Society tidak memberikan bantuan apa-apa. Tetapi ternyata Chad dan Ishida yang selama ini melatih kekuatan mereka pergi ke Hueco Mundo bersama. Di sana Ichigo bertemu dengan kelompok Arrancar yang baik. Berhadapan dengan banyak musuh, tapi datang bantuan dari Renji dan Rukia atas perintah Byakuya meski Kapten Komandan Yamamoto tidak mengizinkan. Rukia yang berhadapan dengan Espada Aaroniero Arrurueri ( Espada 9) dan mengalami luka yang cukup parah dan tak sadarkan diri meski membuat Arroniro tewas. Renji dan Ishida yang berhadapan dengan Szayel Apporo ( Espada 8) bahakan harus bertarung mati-matian. Ichigo yang akhirnya kembali berhadapan dengan Grimmjow mengeluarkan sepenuh tenaganya.

[sunting] Musim Keempat : Fake Karakura Town

Saat tenaga Ichigo terkuras setelah menghadapi Grimmjow, serangan dari Espada Nnoitra (nomor 5) membuat Ichigo kewalahan. Nel (salah satu kelompok Arrancar yang baik) pun terpaksa berubah wujud jadi Nel yang asli dan ternyata dia adalah mantan Espada nomor 3. Nel pun tak bisa berbuat apa-apa saat dia kembali ke wujud asalnya. Ichigo yang setengah mati akhirnya mendapat bantuan dari Kapten Kenpachi. Dan berhasil mengalahkan Noitra. Dipihak lain, Rukia yang terbujur tak sadarkan diri, hampir dibunuh oleh Zommari Leroux (Espada nomor 7), untung datang Byakuya Kuchiki. Meski sempat terluka, Byakuya akhirnya mampu mengalahkan Leroux. Renji dan Ishida yang telah sekarat menghadapi Szayel Apporo ( Espada 8 ) dibantu oleh Kapten Mayuri. Kapten Unohana datang dan mencoba mengobati Chad yang terluka akibat Nnoitra. Di saat yang tidak terduga, Starrk ( Espada nomor 1) datang menculik kembali Inoue. Ichigo pun mengejarnya dan berhadapan dengan Ulquiorra.
Di season ini juga diceritakan bahwa para vizard ternyata adalah para mantan kapten dan wakil kapten Gotei 13 pada 100 tahun yang lalu. Urahara sebagai kapten divisi 12 dan wakilnya Hiyori. Dikisahkan bahwa pengkhianatan Aizen, Ichimaru dan Tousen telah berlangsung sejak dulu. Aizen yang saat itu masih menjadi wakil dari Shinji Hirako. Aizen yang melakukan penelitian tentang Hollowfikasi membuat resah penduduk Soul Society, ini membuat Gotei 13 yang tidak mengetahui bahwa Aizen dibalik semua ini. Urahara saat itu sedang membuat dan meneliti Hougyoku meminta Mayuri (yang saat itu masih di penjara akibat penelitian terlarang tentang Quincy) untuk membantunya. Ichimaru dan Tousen yang saat itu masih menduduki posisi 3 di divisinya masing-masing ikut membantu Aizen. Korban-korban Aizen akibat Hollowfication adalah Kensei Muguruma, Mashiro Kuna, Hiyori Sarugaki, Love Aikawa, Rojuro "Rose" Otoribashi, Lisa Yadomaru, Hachi (wakil korps Kido) dan Shinji Hirako (Kesemuanya akhirnya menjadi Vizard). Urahara yang mengetahui rencana Aizen berusaha menolong kedelapan kapten dan wakil kapten temannya itu, tetapi Soul Society malah menganggap bahwa Urahara adalah penyebabnya. Dengan bantuan Yoruichi dan Tessai (kapten korps Kido), mereka sembunyi di dunia nyata.
Kembali ke masa sekarang, Aizen yang ingin membuat The King Key di kota Karakuara, dengan maksud menghancurkan kota tersebut, berhadapan dengan kekuatan 13 pasukan Shinigami. Kekuatan Shinigami memang berkurang, karena 4 kapten yang lain terkunci di Hueco Mundo. Apalagi Aizen membawa 3 Espada terkuatnya (nomor 1,2,3). Kota Karakura yang telah dipindahkan ke Soul Society dengan bantuan Urahara membuat 4 pilar roh pemindah tempat agar kota yang sebenarnya tidak hancur. Baragan (Espada 2) yang mengetahui hal ini menyuruh para Fraccion untuk menghancurkan keempat pilar. Terjadilah pertarungan antara para Fraccion dengan 4 shinigami yang bertugas menjaga pilar( Hisagi, Yumichika, Ikkaku dan Izuru). Disini, hanya ada satu pilar yang hancur, yaitu pilar yang dijaga oleh Ikkaku, karena Ikkaku tak ingin mengeluarkan Bankai. Matsumoto yang sekrat akibat bertarung dengan Fraccion Harribel ( Espada 3) meski sempat dibantu Hinamori dan Hisagi, Tetsuzaemon dan Izuru, membuat Kapten Yamamoto turun tangan dan memusnahkan Fraccion Harribel. Hitsugaya berhadapan dengan Harribel sendiri. Soifon berhadapan dengan Baragan dan Kyoraku berhadapan dengan Stark (Espada 1).

[sunting] Musim Kelima : The End

Meskipun Ichigo yang berhadapan dengan Ulquiorra di Hueco mundo sekarat, akhirnya berubah menjadi hollow mode bentuk 2,dengan bentuk yg lebih kuat meski tidak bisa di kendalikan, membuat kaki dan tangan Ulquiorra putus. Bahkan karena hilang kontrol membuat Ishida di tusuk pedang Ichigo. Meski demikian Ulquiorra bisa di kalahkan. Ichigo pun bergegas pergi ke dunia nyata untuk membantu yang lain. Kenpachi dan Byakuya berhadapan dengan Yammy ( Arrancar 10) yang ternyata berubah menjadi Espada Zero ( nomor 0) dan semakin kuat, membuat Kenpachi dan Byakuya kewalahan. Di dunia nyata Hitsugaya mulai terdesak karena Harribel melepaskan zanpakutonya, Tiburon. Soifon yang berhadapan dengan Baragan yang ternyata adalah mantan raja kerajaan Hollow bahkan kehilangan tangan kirinya akibat jurus racun yang dikeluarkan Barragan. Kyoraku pun terdesak setelah Stark melepaskan zanpakutonya. Disaat yang terdesak inilah, Vizard datang. Mereka membantu para teman lamanya, para shinigami. Lisa dan Hiyori membantu Hitsugaya, Rose dan Love membantu Kyoraku dan Hachi membantu Soifon. Kensei dan Mashiro menghajar Gillian dan Hollow yang datang dari Hueco Mundo, sedangkan Shinji menghadapi Aizen. Di pihak lain, Komamura berhadapan dengan mantan sahabatnya Kaname Tousen, dibantu Hisagi. Hisagi adalah mantan wakil kapten Tousen. Tousen yang berubah sampai bentuk ke 3 Hollow membuat Hisagi dan Komamura hampir mati.tapi, akhirnya di tangan mantan wakinya sendiri, Hisagi berhasil menusuk tenggorokan Tousen. Aizen yang melihat kekalahan Tousen, menghabisi nyawa Tousen. Saat semua para kapten dan wakil kapten menyerang Aizen, Ichigo yang sedang dalam perjalanan dengan Kapten Unohana memberi tahu bahwa cuma Ichigo yang belum terhipnotis dan Ichigo yang bisa mengalahkan Aizen baik di dunia nyata, Hueco Mundo maupun Soul Society.Kedatangan ichigo untuk mengalahkan aizen di sambut oleh gotei 13 dan vizard yang berjanji untuk melindunginya.Namun walau seluruh gotei 13 dan vizard menyerang aizen ,aizen dapat menghabisi mereka dengan mudah.Kemudian tibalah saatnya ichigo berhadapan dengan aizen namun lagi lagi perlawanan ichigo tidak berpengaruh apa apa oleh aizen disaat yang kritis itulah akhirnya isshin kurosaki, ayah ichigo tiba dan membantunya untuk mengalahkan aizen,setelah kedatangan ayahnya akhirnya ichigo menyerang ichimaru dan ayahnya menyerang aizen disaat itulah ichimaru mengeluarkan bankai nya,dan dimana saat itu isshin ayah ichigo menyerang aizen dengan kekuatan yang penuh,namun tak berpengaruh apa-apa,dan isshin menembakkan paku ke hati aizen,dan aizen mengeluarkan hado yang bernama Raikouhou,dan di pertarungan ichigo,ichimaru mengeluarkan bankai nya yang bernama kamishini no yari,yang membuat panjang pedangnya menjadi 13 km,dimana sekali menebas semua bangunan akan terpotong dan hancur,dan ichigo menahan serangan ichimaru dengan bankainya,tetapi dia terluka sedikit saat menahannya. ichigo berhasil menahan bankai dari gin,tetapi gin terus berusaha mendesak ichigo denngan ber bagai serangan,namun Aizen tiba-tiba mengeluarkan lapisan kekuatan Hougyoku nya ke tubuhnya,dengan perlahan-lahan tubuhnya dipenuhi oleh lapisan reiatsu tebal hougyoku nya,dan semakin kuat,tiba-tiba urahara kisuke datang disaat ichigo dan isshin kesusahan,dan kisuke melawan aizen dengan adu tanding Bakudou (nyanyian Roh Penyerang),lalu Yoruichi tiba saat aizen Lapisan Hogyoku nya semakin tebal sampai ke wajahnya,sedangkan Rangiku Matsumoto ingin mencoba pergi ke Lokasi pertarungan, ichimaru,Sahabat lama nya,yang di lihat oleh kira izuru,Dan saat Isshin,Kisuke,Yoruichi melawan aizen,Isshin mengeluarkan kemampuan zanpakutonya yang Sama seperti anaknya bernama Getsuga Tenshou, tetapi tidak berhasil melukai aizen. Akhirnya tubuh aizen berubah menjadi wujud yang baru setelah bergabung sempurna dengan hogyoku. Lalu dengan kekuatan barunya tersebut berhasil melukai Isshin, Kisuke, dan yorouichi. Lalu aizen dan gin pergi menuju ke kota Karakura yang berada di soul society meninggalkan para musuhnya yang terluka. Dilain pihak isshin dan Ichigo yang masih selamat dari serangan Aizen pergi menuju soul soceity dengan gerbang senkaimon yang dibuka oleh Isshin. Setiba di soul society Isshin memberitahu ichigo tentang jurus akhir getsuga tenshou.Setelah itu Isshin menyuruh Ichigo untuk pergi menemui Zangetsu untuk mempelajari jurus akhir getsuga tenshou. Tetapi Zangetsu menolak mengajarkan jurus akhir getsuga tenshou. Singkat cerita, agar Ichigo dapt mempelajari jurus tersebut Ichigo harus melawan Tensa Zangetsu dan holow icihigo mode ke 2 sekaligus,yang bersatu menjadi satu melawan Ichigo.Ditempat lain gin menghianati aizen dengan menyerang Hogyoku milik aizen.Membuat aizen terluka cukup parah,tetapi tidak cukup untuk membunuh aizen.setelah itu aizen menyerang gin,sampai gin terluka parah. setelah aizen menyerang gin,ichigo datang dengan memanggul ayahnya.aizen kaget dengan kedatangan ichigo dikarenakan aizen tidak bisa merasakan reiatsu dari ichigo bahkan teman-temannya pun tidak bisa merasakan reiatsu ichigo,bahkan hanya dengan tebasan ichigo,ichigo dapat membelah gunung.setelah itu ichigo langsung menyerang aizen dan berkata pada aizen bahwa dia lebih kuat dari aizen yang sekarang.aizen berubah bentuk menjadi seperti hollow karena didesak oleh serangan ichigo.setelah itu ichigo mengaktifkan final getsuga tenshou tetapi ichigo akan kehilangan seluruh kekuatan spiritual nya,tetapi dia terpaksa memakai nya untuk keselamatan kota karakura,dan memakai final getsuga tenshou dengan menyatu dengan zanpakutou nya hingga ichigo menjadi "Getsuga" nya sendiri dan berada di tingkat dimensi yang lebih tinggi dari aizen dan perbedaan kekuatan yang sangat jauh,ichigo mengeluarkan teknik getsuga terakhir nya yang bernama "mugetsu",suatu getsuga yang amat besar dan berwarna hitam kelam yang berbeda dari getsuga tenshou nya yang dulu,semua berakhir,ichigo masih hidup tetapi kehilangan kekuatan shiniggami nya,tetapi aizen beregenerasi lagi hingga ingin menyerang ichigo lagi,pada saat itu urahara kisuke menanam kidou segel pada hougyoku milik aizen pada saat hougyoku aizen melemah,tapi sebenarnya hougyoku aizen melemah karena dari awal tak menganggap aizen sebagai tuannya,dan aizen lenyap dengan kidou segel terakhir milik urahara kisuke.

[sunting] Musim Keenam : The Lost Shinigami RePresentative Badge

Semua yang dialami ichigo pada masa remaja nya sejak 16 tahun yang sangat tidak diharapkan ichigo berakhir,dari dunia shinigami hingga dunia hollow yang melibatkan ichigo hingga bertumpah darah,kini jalan baru sudah ada didepan matanya,dia melanjutkan kehidupan manusianya seperti biasa,kini dia menginjak usia 18 tahun,dan mengalami lagi masa sekolah dan duduk di bangku sekolah kelas 3 smu,tiba-tiba ada seorang lelaki paruh baya mengejar pencuri yang lari,dan pencuri itu dikalahkan oleh Ichigo,dan saat itu lelaki paruh baya berterima kasih dan hendak mengambil sebuah benda dari tas nya,dan saat itu dia menunjukkan lencana pendeteksi hollow milik shinigami kepada ichigo dan teman-temannya,dan kebenaran orang itu misterius,setelah orang misterius itu sering menguntit kehidupan ichigo,dia ingin memberitahu sipa dirinya sebenarnya dan memberitahu namanya,Kuugou Ginjou,dia ingin memberi ichigo sebuah kartu dengan bertulisan "Welcome to Our Xcution" untuk lebih mengenal banyak tentang dirinya,setelah ichigo diberi kartu itu oleh Kuugou,ishida terluka parah oleh seseorang yang misterius,setelah diselidiki oleh ayah ishida,Ishida Ryuuken,orang yang membuat ishida terluka parah bukanlah shinigami,bukan hollow,tetapi manusia,setelah ichigo menyelidiki tentang kartu itu,dibelakang kartu itu ada nomor telepon yang tidak dikenal ichigo,setelah ichigo menelopon nomor itu,suatu jawaban misterius yang sopan terdengar "welcome to Our Xcution",dan menanyakan tentang ichigo lebih dalam,dan ternyata penelopon adalah Kuugou Ginjou sendiri,dan Kuugou membuat janji pada ichigo di suatu bangunan apartemen kumuh dan kuugou mengajak ichigo masuk ke apartemen itu dan menaiki lift dengan menggesekan kartu Welcome To Our Xcution ke Lift Plug-in,dan saat pintu lift terbuka,ichigo bertemu dengan orang yang asing.sudah lama berlalu, ichigo bertarung dengan kuugo ginjo dengan tujuan mendapatkan kekuatan fullbring yang sempurna, dalam pertarunga ginjo menebas mata ichigo yg membuat ichigo buta, ichigo yang buta baru sadar kalau dia tidak melihat fisik ginjo, melainkan reiatsu. setelah mendapatkan fullbring sempurna, ichigo kembali kerumahnya, dan setelah membuka pintu ichigo terkeju, ternyata tamu yang dikatak adiknya adalah tsukishima(musuh ichigo).semua teman ichigo menjadi teman tsukishima termasuk adiknya.dan setelah ichigo berjalan keliling, ginjo dengan capek,berbicara dgn ichigo.ichigo yang ingin membalas tsukishima,tapi terhalang oleh teman-temannya.ichigo memakai kekuatan fullbring untuk membunuh tsukishima,tetapi terhalang oleh inoue dan chad.ichigo yang terkejut karena temannya yang paling berharga itu harus menjadi teman musuhnya.inoue mengatakan yang membantu pembebasan rukia dari eksekusi itu adalah tsukishima,yang membantu ichigo mengalahkan aizen adalah tsukishima.setelah tsukishima membawa ichigo ketempat lain,tsukisima menjelaskan kekuatan fullbring tsukishima yang memasukkan pikiran seorang yang ditebas memasukan jati dirinya ke masa lalu orang yang ditebas.setelah itu,terlihat ginjo bertarung dgn keempat pemilik fullbring yang lain, ginjo terdesak, dan ginjo melihat ichigo sedang mengeluarkan getsuga tenshou ke tsukishima, tsukishima terkejut dan berbicara dalam hati kalau ichigo menyatukan kekuatan shinigami dengan fullbring, saat ichigo teeralih pandangan, tsukishima memanfaatkan waktu itu dan menikan ichigo, ichigo yang terkejut dan ginjo melindungi ichigo dan kena serangan tsukishima,saat itu ishida bertemu ichigo,dan ichigo berbicara dgn ishidan,dan yang menyerang dan musuh sebenarnya adalah kuugo ginjo,dan setelah itu, ginjo menebas ichigo,dan mengatakan"aku akan menyegel kekuatan fullbringmu", ichigo yang sudah disegel setelah itu ichigo berkata didalam hati "aku tidak bisa melindungi siapapun",ichigo mengatakan"kembalikan fullbringku ginjo,itu kekuatanmu"dan setelah itu,urahara dan ayah ichigo menusuk ichigo,dan yang menusuk ichigo bukan lain adalah rukia,tusukan zanpakutou rukia itu di hati ichigo yang membuat ichigo kembali mendapatkan kekuatan shinigami yang bercampur kekuatan fullbring,dan zanpakutou nya berbeda dari zangetsu

[sunting] Karakter Bleach

[sunting] Ichigo Kurosaki (黒崎 一護 Kurosaki Ichigo?)

Karakter utama serial Bleach. Siswa kelas satu SMA Karakura yang berambut jingga ini dipaksa untuk menjadi pengganti shinigami (dewa kematian) setelah dengan tidak sengaja menyerap seluruh kekuatan Rukia Kuchiki. Perangainya yang sinis pada awalnya membuatnya ogah-ogahan menjalani pekerjaan barunya ini, tapi seiring berjalannya waktu, ia rela menerima jabatannya ini. Ia juga menyadari bahwa walaupun ia tidak mampu menyelamatkan semua orang, tetapi paling tidak ia dapat menggunakan kemampuannya untuk melindungi orang-orang yang dekat di hatinya. Kemudian dalam cerita, setelah ia kehilangan kekuatannya sebagai pengganti dewa kematian, ia memilih untuk mengambil risiko maut demi menjadi 'shinigami sepenuhnya.,walaupun aizen dan ulquiorra mengatakan kepadanya bahwa dia juga 'makhluk hidup' mahal,dan hollownya mempunyai urusan yang 'belum selesai' pada ichigo,walau hollownya sudah dikuasai ichigo.dan janji akan keluar sepenuhnya di kemudian nanti.

[sunting] Rukia Kuchiki (朽木 ルキア Kuchiki Rukia?)

Rukia Kuchiki adalah seorang Shinigami yang selalu melayani ichigo yang dikirim untuk membasmi hollow di daerah perumahan Ichigo Kurosaki. Walaupun dari luar ia kelihatan seperti remaja perempuan, sebenarnya ia berusia lebih dari 100 tahun. Rukia terpaksa harus memindahkan kekuatannya kepada Ichigo dan untuk sementara menjadi manusia biasa. Ia mendaftarkan diri ke SMA tempat Ichigo bersekolah, dan tinggal di lemari kamar Ichigo, sementara ia mengajari Ichigo bagaimana menjadi pengganti shinigami.

[sunting] Orihime Inoue (井上 織姫 Inoue Orihime?)

Orihime Inoue adalah teman sekelas Ichigo, dan juga berteman dengan Tatsuki Arisawa yang dekat dengan Ichigo, ia pun menjadi dekat dengan Ichigo. Orihime adalah seorang yatim-piatu, ia tinggal bersama kakak laki-lakinya (Sora). Kemudian, kakaknya pun meninggal dunia. Pada awalnya, Orihime tidak memiliki kekuatan spiritual apapun, namun lama kelamaan ia memiliki salah satu kekuatan penyembuhan terkuat di dunia. Ia mampu menyembuhkan tubuh yang terluka kembali kepada keadaan semula, walaupun terluka sangat parah sekalipun. Kemampuan spiritualnya sangat kuat, karena peri-peri kecil yang berasal dari kekuatan hati Orihime ini bisa digunakan untuk bertahan, menyerang, dan menyembuhkan.

[sunting] Yasutora "Chad" Sado (茶渡 泰虎 Sado Yasutora?)

Yasutora Sado, atau lebih dikenal sebagai "Chad", adalah salah satu dari segelintir teman-teman Ichigo di sekolah. Ia adalah pelajar Jepang berdarah Meksiko yang bertubuh sangat tinggi dibanding teman-teman sekelasnya. Walaupun secara fisik ia terlihat berjiwa keras, tapi ia sangat lembut dan penurut, dan menolak untuk berkelahi kecuali demi membela seseorang. Pada awalnya, ia tidak mampu melihat atau merasakan kehadiran arwah, namun sewaktu ia melihat sekelompok anak-anak diserang hollow, ia mendapatkan kekuatan tangan kanannya menjadi super kuat dan terselubungi baja. Dengan demikian, ia mampu mengalahkan para hollow. selain itu kekutan tanganya bisa menjadi super sakti berkat latihan abarai

[sunting] Kisuke Urahara (浦原 喜助 Urahara Kisuke?)

Pria misterius dan periang pemilik Toko Urahara, sebuah toko permen yang juga menjual barang-barang supranatural untuk kebutuhan shinigami. Walaupun memiliki sifat ceria dan optimis, ia adalah salah satu tokoh terpenting dalam dunia Bleach karena pengetahuannya yang amat luas tentang dunia spiritual, pengetahuan yang ia gunakan untuk mengatur rencana para tokoh-tokoh utama dalam cerita ini. Belakangan diketahui bahwa Urahara adalah mantan shinigami dari Soul Society,dahulu ia mempunyai fukutaitou yaitu fukutatitou 12th Division,Hiyori Sarugaki,yang sekarang mantan shinigami dan sekarang menjadi Vizards bersama Hirako dan vizards lain,akhir-akhir ini Hiyori tidak bertemu mantan kaptennya lagi.

[sunting] Uryū Ishida (石田 雨竜 Ishida Uryū?)

Sekilas, Uryu Ishida nampak hanya seperti murid jenius yang suka menyendiri. Namun, Uryu adalah seorang Quincy, yaitu keturunan dari kaum pendeta pemanah pembasmi hollow. Ia menaruh dendam terhadap semua shinigami, termasuk Ichigo Kurosaki, namun seiring berjalannya cerita, pandangannya terhadap Ichigo berubah, dan bukannya menjadi musuh, ia menjadi kawan sekaligus saingan Ichigo.

[sunting] Byakuya Kuchiki (Byakuya Kuchiki?)

Seorang kapten pendiam dari divisi ke-6. Nama zanpakuto-nya adalah Senbonzakura yang jurus dari zanpakuto-nya akan muncul bunga sakura, dan nama bankainya adalah senbonzakura kageyoshi. Ia sangat mencintai istrinya, Hisana Kuchiki. Namun istrinya telah meninggal. Karena itu ia mengangkat Rukia Kuchiki yang merupakan adik dari Hisana Kuchiki ke dalam keluarga Kuchiki. Byakuya sangat menyayangi Rukia, dan ia sebenarnya tidak tega waktu Rukia akan dieksekusi.

[sunting] Renji Abarai (阿散井 恋次 Abarai Renji?)

Renji Abarai adalah seorang shinigami kelas atas yang memiliki jabatan sebagai wakil kapten divisi ke-6. Ini berarti ia adalah orang berpangkat tertinggi kedua dalam divisi pasukan shinigami tersebut. Pada awalnya, ia diperkenalkan sebagai musuh yang mematikan, dan memiliki konflik batin di antara kesetiaannya terhadap jabatannya dan persahabatannya dengan Rukia, teman sepermainannya sejak kecil. Ia adalah seseorang yang lancang dan bersemangat, dan sangat menghormati Byakuya, kapten divisi ke-6 Byakuya Kuchiki. Ia memiliki zanpakuto yang bernama Zabimaru, nama bankainya adalah Hihio Zabimaru.

[sunting] Gotei 13

[sunting] Divisi 1

Genryūsai Shigekuni Yamamoto

[sunting] Divisi 2

Sekarang
  • Kapten: Soifon
  • Letnan: Marechiyo Ōmaeda
Sebelumnya
  • Kapten: Yoruichi Shihōuin
  • Letnan: Marenoshin Ōmaeda

[sunting] Divisi 3

Sekarang
  • Kapten:Shusuke Amagai
  • Letnan: Izuru Kira
Sebelumnya
  • Kapten: Shusuke Amagai
  • Kapten: Gin Ichimaru
  • Kapten: Rojuro "Rose" Otoribashi
  • Letnan: Chikane Iba

[sunting] Divisi 4

Sekarang
  • Kapten: Retsu Unohana
  • Letnan: Isane Kotetsu
Sebelumnya
  • Letnan: Seinosuke Yamada

[sunting] Divisi 5

Sekarang
  • Kapten:Edogawa Shirosaki
  • Letnan: Momo Hinamori
Sebelumnya
  • Kapten: Sosuke Aizen
  • Kapten: Shinji Hirako
  • Letnan: Sosuke Aizen

[sunting] Divisi 6

Sekarang
Sebelumnya
  • Kapten: Ginrei Kuchiki (kakek dari Byakuya)
  • Letnan: Sojun Kuchiki (anak dari Ginrei, ayah Byakuya)
  • Letnan: Ginjiro Shirogane

[sunting] Divisi 7

Sekarang
  • Kapten: Sajin Komamura
  • Letnan: Tetsuzaemon Iba
Sebelumnya
  • Kapten: Love Aikawa
  • Letnan: Jin'emon Kotsubaki

[sunting] Divisi 8

Sekarang
  • Kapten: Shunsui Kyoraku
  • Letnan: Nanao Ise
Sebelumnya
  • Letnan: Lisa Yadomaru

[sunting] Divisi 9

Sekarang
  • Kapten: -
  • Letnan: Shuhei Hisagi
Sebelumnya
  • Kapten: Kaname Tosen
  • Kapten: Kensei Muguruma
  • Letnan: Mashiro Kuna

[sunting] Divisi 10

[sunting] Divisi 11

Sekarang
  • Kapten: Kenpachi Zaraki
  • Letnan: Yachiru Kusajishi
Sebelumnya
  • Kapten: Kenpachi Kiganjo

[sunting] Divisi 12

Sekarang
  • Kapten: Mayuri Kurotsuchi
  • Letnan: Nemu Kurotsuchi
Sebelumnya
  • Kapten: Kisuke Urahara
  • Kapten: Kirio Hikifune
  • Letnan: Hiyori Sarugaki

[sunting] Divisi 13

Sebelumnya